Materi PBX

(A) Jenis PBX 


Masih ingatkah dalam materi pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI? PBX atau Private Branch Exchange adalah salah satu bentuk teknologi telekomunikasi yang mampu menyediakan layanan sambungan telepon dari area publik ke jaringan privat, misalnya dalam gedung perusahaan, kantor, instansi pemerintah, dan sebagainya. Secara garis besar, sistem PBX akan menjembatani komunikasi antara telepon internal penggunanya (memiliki beberapa saluran telepon internal) dan sambungan telepon publik atau PSTN (Public Switched Telephone Network). Berikut akan dijelaskan beberapa jenis PBX yang umum digunakan. 

1. Jenis-jenis PBX 

Selain memberikan support transmisi data dalam bentuk voice, PBX juga mampu mentransmisikan data dalam bentuk faksimile maupun modem. Ada lima jenis PBX yang saat ini berkembang, yaitu sebagai berikut. 

a. PMBX (Private Manual Branch Exchange) 

Pada jenis PMBX, baik koneksi antar-extension maupun sambungan antara extension dan pengguna di luar sistem PBX dilakukan secara manual oleh operator. Sebagai contoh, ada telepon masuk ke Universitas ABC, kemudian penelepon menghendaki untuk tersambung dengan bagian akademik pada ekstensi 344. Selanjutnya, penelepon meminta bantuan operator tersebut untuk melakukan forward panggilan ke bagian akademik. Sistem dengan contoh ini merupakan generasi awal teknologi PBX yang telah ditinggalkan. 

b. PABX (Private Automatic Branch Exchange) 

Kelemahan dalam PMBX yang kurang responsif dan efektif ketika menangani panggilan pada sesi komunikasi telepon dalam jumlah besar menyebabkan sering kali terjadi delay dan kualitas suara yang kurang bagus. Setelah itu, berkembang PABX yang telah mengadopsi teknologi elektronik dengan sistem terprogram yang mampu bekerja secara otomatis untuk menangani sesi panggilan 
dalam jumlah banyak tanpa memerlukan campur tangan operator. 

c. EPABX (Electronics Private Automatic Branch Exchange) 

Perkembangan teknik persinyalan sesi komunikasi panggilan dengan PABX dibedakan dengan memisahkan sistem signal dan data melalui mekanisme signal and control switching electronic. Melalui sistem persinyalan yang dikirimkan oleh perangkat telepon menuju sistem EPABX, akan diidentifikasi sebagai dasar EPABX menentukan jalur yang tepat untuk sampai pada perangkat tujuan. Setelah jalur komunikasi melalui relay otomatis ditetapkan, baru data suara akan dilewatkan melalui jalur tersebut. 

d. KTS (Key Telephone System) 

KTS merupakan teknologi yang dapat dikatakan sebagai versi minimalis dari sistem PBX. Hal ini dikarenakan KTX hanya menyediakan mekanisme switching jalur dari jaringan PBX (internal telephone network) menuju STO (Sentral Telepon Otomatis) atau pusat penyedia jalur telekomunikasi. Cara kerjanya cukup sederhana, setiap permintaan panggilan dari perangkat telepon yang menggunakan layanan PBX dengan tujuan perangkat telepon di luar jaringan, akan dilewatkan oleh PBX menuju KTS. Oleh perangkat KTS, data tersebut baru akan diidentifikasi dan ditetapkan jalur yang tepat menuju STO. 

e. PNX (Packet Network Exchange) 

PABX generasi awal hanya mampu mengelola sistem telekomunikasi jaringan telepon internal (misalnya dalam perusahaan, gedung, dan kampus), baik dalam prosedur penomoran maupun sebagai pusat pengendalian jalur komunikasi. Perkembangan teknologi VoIP (baca kembali materi sebelumnya di buku TLJ Kelas XI Bab 4) yang memungkinkan komunikasi suara melalui perangkat komputer berbasis jaringan TCP/IP menyebabkan PBX mulai mengembangkan teknologi PNX. Dengan PNX, PABX mampu melayani komunikasi telepon, baik analog maupun telepon digital (VoIP) secara bersamaan. 

Pada versi awal, teknologi PBX masih membutuhkan operator (manusia) untuk menghubungkan panggilan. Namun, seiring perkembangan teknologi, proses tersebut telah menggunakan sistem automasi, yang disebut PABX. Oleh karena itu, sekarang ini penggunaan istilah PBX dan PABX sering kali dianggap sama. PABX memiliki beberapa kategori dalam penggunaannya. Perbedaan kategori PABX ini, dalam bentuk keluaran data yang dihasilkan serta teknologi yang digunakan di dalamnya. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis sistem PABX yang biasa digunakan.



2. Jenis-jenis PABX 


Adapun sistem PABX dibagi menjadi empat kategori, yaitu sebagai berikut.

a. PABX digital 
PABX digital adalah jenis PABX dengan keluaran dalam bentuk data digital. Jenis ini, memerlukan perangkat keras konverter untur mengubah data digital menjadi data analog atau suara melalui pesawat telepon khusus (digital). PABX digital memiliki ciri khusus,
yaitu media penghubungnya menggunakan kabel telepon dengan core empat kawat tembaga.

b. PABX analog 
Ciri utama jenis ini adalah hasil keluaran data yang dihasilkan berupa data analog atau suara sehingga tidak memerlukan perangkat khusus. Sistem ini pernah populer di era tahun 1990-an sampai tahun 2000-an. Sering kali teknologi analog ini berkembang dengan koneksi internet berbasis ADSL yang kini mulai ditinggalkan karena tidak mampu berjalan dengan cepat. Media penghubung dalam PABX dengan telepon analog menggunakan kabel dengan dua inti kawat.



C. PABX hybrid 
PABX hybrid merupakan teknologi perpaduan antara PABX digital dan analog. Perangkat ini mempunyai empat kabel atau dua pasang kabel (sepasang untuk kabel analog dan sepasang lainnya untuk kabel digital).

d. IP PABX
IP PABX merupakan teknologi terbaru dari PABX dengan sambungan komunikasi yang tidak lagi terbatas pada jaringan telepon analog ataupun telepon digital, tetapi dapat diintegrasikan dengan jaringan komputer. Sebagai perangkat end devices dalam sistem ini, Anda dapat menggunakan IP phone atau beberapa softphone. Ciri utama sistem ini adalah menggunakan kabel UTP berkonektor RJ45 sebagai media sambungannya.





3, Kategori PBX dari Sisi Link (Penghubung) 


Kategori PBX jika dilihat dari sisi link (penghubung) dapat dibedakan menjadi empat macam, antara lain sebagai berikut.

a. Hunting group 
Hunting group adalah sekelompok nomor ekstensi yang diatur untuk memproses panggilan tertentu. Panggilan yang masuk akan diputar dalam hunting group sampai mendapat jawaban. Contohnya terdapat suatu hunting group dengan lima nomor ekstensi, yaitu nomor 1001-1005. Panggilan masuk akan diterima oleh ekstensi 1001, jika tidak dijawab akan diteruskan ke 1002. Panggilan akan diteruskan hingga 1005 jika masih tidak ada jawaban. Jika setelah menghubungi semua ekstensi dalam grup masih tidak ada jawaban, sistem akan mengirimkan sinyal sibuk ke pemanggil. Pengaturan algoritme panggilan pada hunting group dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

b. BRA (Basic Rate Access) 
BRA atau bisa disebut dengan istilah Basic Rate Interface (BRI, 2B + D, 2B1D) merupakan salah satu tipe konfigurasi pada layanan Integrated Services Digital Network (ISDN) yang dapat digunakan dalam subscriber line untuk menangani layanan komunikasi data (suara) dalam sistem telepon analog. Karakteristik dari BRA adalah tersedianya dua jenis saluran, yaitu dua buah channels B yang masing-masing beroperasi pada kecepatan 64 Kbps dan sebuah saluran kontrol (delta) atau channel D yang dapat beroperasi pada kecepatan 16 Kbps. Fungsi channel B untuk menangani sambungan data suara atau pengguna, sedangkan channel D digunakan untuk kombinasi
data, kontrol/persinyalan, serta pengoperasian paket data jaringan berbasis X.25. Dalam penggunaannya, dua buah channel B dapat digabungkan menjadi satu kanal dengan total data rate sebesar 128 Kbps. Hal ini sering kali diimplementasikan dalam sistem ISDN PABX berskala kecil (contoh tingkat perumahan dan home industry).

c. DID (Direct Inward Dialing) 
DID adalah layanan yang diberikan provider telepon yang memungkinkan alokasi sejumlah nomor telepon yang terkait dengan satu atau lebih saluran telepon. Dengan DID, perusahaan dapat menetapkan nomor telepon privat untuk setiap karyawan, tanpa memerlukan saluran telepon fisik yang terhubung ke PBX untuk setiap koneksi. Sebagai contoh, perusahaan yang memiliki 50 karyawan yang masing-masing memiliki nomor telepon dan ekstensi terpisah, dapat menyewa 10 saluran telepon fisik.

Sistem ini memungkinkan terjadinya 10 panggilan telepon secara bersamaan. Jika saluran penuh, karyawan lain harus menunggu hingga saluran tersedia. Penelepon yang menghubungi ketika semua saluran sedang sibuk, akan mendapatkan sinyal sibuk atau diarahkan ke sistem pesan suara. Sistem DID juga dapat digunakan untuk transmisi faks, pesan suara, dan koneksi suara langsung. Layanan ini memberi keuntungan, yaitu menghemat biaya operator switchboard, panggilan yang lebih cepat, dan hubungan yang lebih personal karena setiap penelepon akan menghubungi ke nomor privat karyawan secara langsung bukan perusahaan.

d. PRA (Primary Rate Access) 
PRA merupakan tipikal layanan dalam PBX yang memungkinkan terjalinnya koneksi telekomunikasi digital end-to-end yang dapat menangani 23 jenis sambungan voice, data, dan video secara bersamaan. Teknologi PRA menjadi standar antarmuka telekomunikasi dalam ISDN (Integrated Service Digital Network) dengan struktur sebagai berikut.

• 23 channels B dan 1 channel D atau disingkat dengan 23B+D.
• 30 channels B dan 1 channel D atau disingkat dengan 30B+D.

Channels B mampu bekerja pada kecepatan 64 Kbps dalam mentransmisikan data dan voice, sedangkan channel D yang bertugas mengatur persinyalan dan paket data juga mampu beroperasi pada bit rate 64 Kbps. Primary Rate Interface (PRI) adalah standar antarmuka telekomunikasi yang digunakan pada layanan ISDN untuk membawa beberapa suara DSO dan transmisi data antara jaringan dan pengguna.

Berdasarkan teknik Direct Inward Dialing, PBX dibedakan menjadi dua macam, antara lain sebagai berikut.

a. PBX dengan dilengkapi fitur DID 
Pada metode ini, mekanisme koneksi dari luar sambungan telepon ke PBX terjadi secara otomatis. Dengan fitur ini, perusahaan dapat menyediakan nomor privat kepada karyawannya, tanpa harus memerlukan saluran telepon fisik.

b. PABX tanpa dilengkapi fitur DID 
Pada metode ini, koneksi antara sambungan telepon dari luar PBX dilakukan melalui pengoperasian operator PBX. Panggilan masuk akan diarahkan ke operator untuk diberikan kode, kemudian diteruskan ke extension yang dituju menggunakan kode yang diberikan oleh operator.

Jika dilihat dari jumlah saluran induknya sebanyak satu jalur saja, tipe PBX dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

a. PBX dengan metode hunting, merupakan mekanisme calling
nomor PBX yang dilakukan dengan menekan satu nomor saja. Jika panggilan tidak terjawab, sistem akan secara otomatis meneruskan ke ekstensi berikutnya yang terdaopat
dalam grup.

b. PBX tanpa metode hunting, merupakan mekanisme calling
PBX dilakukan dengan menekan sejumlah nomor sebanyak sambungan induknya.

Kapasitas PBX dalam menangani dan melayani setiap proses panggilan telepon dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu sebagai berikut.

a. Berdasarkan kapasitas port PBX
Tipe ini dibagi berdasarkan banyak sedikitnya saluran atau
jalur trunk/telepon yang dapat disambungkan ke PBX.

b. Kapasitas ekspansi
Kapasitas ekspansi adalah kemampuan PBX dalam menyesuaikan dengan kebutuhan pasar terutama dalam melakukan upgrade fitur dalam perangkat.

c. Proses calling
Proses calling adalah fitur dalam PBX untuk menangani proses calling dalam sambungan telepon secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan (simultaneous communications).

d. Fitur blocking
Kondisi pem-blocking-an terjadi jika sambungan calling antara perangkat telepon yang ditangani oleh PBX telah mencapai nilai maksimal yang dapat dilakukan. Peristiwa ini dapat juga diakibatkan oleh trafik link trunk yang sudah penuh.

Dilihat dari kapabilitas PBX dalam ketersediaan jumlah extension yang dapat digunakan oleh perangkat telepon dalam
AULAJAY Valse VII
jaringan PBX, dibedakan menjadi tiga macam, antara lain sebagai berikut.
a. Tipe small, PBX tipe ini menyediakan 75 extension.
b. Tipe key system, PBX tipe ini menyediakan 10 hingga
20 extension. Large PBX, PBX tipe ini mampu menyediakan 100 sampai 20.000 extension.


4. Kategori PBX dengan Fitur Indirect Inward Dialing 

Sistem dialing dengan fitur indirect inward dialing atau in dialing dapat dibedakan menjadi empat kategori, antara lain sebagai berikut

a. Sistem penomoran dengan model langganan biasa.
Contohnya adalah sebagai berikut.
1) Nomor PBX adalah 12000.
2) Nomor extension 234.
3) Dengan demikian, untuk melakukan dial nomor pesawat telepon pada extension tersebut menggunakan nomor 12234.

b. Sistem penomoran dengan standar nomor PBX selalu berakhiran
1. Contohnya adalah sebagai berikut.
1) Nomor PBX adalah 22001.
2) Nomor extension 233.
3) Dengan demikian, untuk melakukan dial nomor pesawat telepon pada extension tersebut menggunakan nomor 22233.

c. Sistem penomoran dengan nomor (digit baru) pada PBX.
Contohnya adalah sebagai berikut.
1) Nomor PBX adalah 22000.
2) Nomor extension 233.
3) Dengan demikian, untuk melakukan dial nomor pesawat telepon pada extension tersebut menggunakan nomor 22000233.

d. Sistem penomoran dengan standar nomor dua sebagai kode
pemanggilan PBX. Contohnya adalah sebagai berikut.
1) Nomor PBX adalah 22000.
2) Nomor extension 233.
3) Dengan demikian, untuk melakukan dial nomor
pesawat telepon pada extension tersebut menggunakan nomor 220233.


5. Kategori PBX terkait Penerapannya dengan Teknologi ISDN 


Terkait dalam penerapannya dengan teknologi ISDN jaringan, sistem PBX dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu sebagai berikut,

a. PBX ISDN 
PBX ISDN dibagi menjadi dua jenis group, yaitu sebagai berikut. 1) Hunting group
Jenis grup ini dapat berupa BRA atau PRA. Mekanisme kerjanya adalah dengan melakukan huntina
pada grup jika calling ditujukan untuk PBX. 2) Originating group
Tipe grup ini dapat dalam bentuk channel B dari PRA dan BRA. Akan tetapi, kombinasi keduanya tidak dapat diimplementasikan dalam sebuah grup yang sama. Banyaknya group originating yang dapat diciptakan dari tipe grup ini adalah dua buah.

b. PBX tanpa ISDN 
PBX tanpa ISDN dibedakan menjadi, tiga yaitu sebagai berikut.

1) First Choice Group
Tipe ini terdiri atas line atau trunk. Jika ada calling yang mengarah pada PBX, proses hunting akan dilakukan pada grup ini. Dengan demikian, proses terminating dan originating dapat dilakukan pada grup ini.

2) Second Choice Group
Grup ini akan melakukan proses hunting jika grup pertama mengalami kesibukan.

3) Originating Group
Grup ini memiliki line atau trunk yang digunakan hanya untuk proses calling saja.

6. Kanal dalam Penerapan PBX 

Dalam penerapannya, PBX memiliki dua buah kanal atau line, yaitu sebagai berikut.

a. Trunk line 
Trunk line merupakan saluran yang mengoneksikan public exchange (sentral publik) dengan PBX. Ada empat jenis trunk yang dapat Anda konfigurasikan dalam PBX, yaitu sebagai berikut.

1) Tie trunk
Tie trunk adalah mekanisme yang dilakukan untuk menyambungkan PBX satu dengan PBX lainnya, baik secara langsung maupun dengan public exchange
(misalnya Telkom).

2) Central office trunk
Mekanisme ini digunakan untuk mengoneksikan PBX dengan public exchange atau public network. Dengan sistem ini, dibutuhkan pengaturan nomor
Mallog yang tersentral sebagai sambungan trunk menulu PBX, Dengan demikian, nantinya dapat
dimanfaatkan oleh pengguna PBX,

3) Foreign exchange trunk
Teknik ini dapat digunakan oleh perusahaan yang mempunyai dua atau lebih gedung kantor yang lokasinya tidak berdekatan, dengan kode area nomor telepon yang tidak sama dan ditunjang dengan alokasi konfigurasi PBX yang berbeda pula.

4) Wide area telephone service trunk
Teknik ini disingkat dengan WATS trunk, dengan perhitungan tarif yang dibebankan berdasarkan lama waktu proses calling bukan berdasarkan jarak
antarpenelepon.

b. Subscriber line 
Subscriber line merupakan saluran yang menjadi penghubung komunikasi data antara pesawat pengguna dan PBX. Jika pengguna masih menggunakan teknologi berbasis single line, media kabel yang dipakai adalah tipe two-wire, twisted pair, dan loop start line. Untuk perangkat pengguna yang telah menggunakan teknologi digital, kabel yang digunakan dapat berupa model two-wire dan twisted pair, kemudian dilengkapi kabel yang menghubungkan sebagai kanal data analog atau voice dan sepasang kabel digital channel.

Comments

Popular Posts